Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengetahui Bakat Musik yang Kita Miliki

Cara Tahu Bakat Musik
Cara Mengetahui Bakat Musik yang Kita Miliki


5 Cara Mengetahui Bakat Musik yang Kita Miliki - Bermusik menjadi salah satu hal yang begitu menyenangkan dan mengagumkan. Orang yang memiliki kelebihan di bidang musik dipandang punya kharisma dan wibawa tersendiri yang membuat seseorang itu menjadi lebih spesial daripada yang lain. 

Lantas, apakah sobat sudah mengetahui dan menyadari bakat musik yang sobat miliki? Jika belum, sobat bisa menyimak artikel saya kali ini yang mengupas tuntas terkait cara mengetahui bakat musik yang kita miliki. 


Cara Mengetahui Bakat Musik 


Ada beberapa langkah yang bisa sobat lakukan untuk mengetes sebenarnya di dalam diri sobat ini punya bakat musik atau tidak. Adapun cara untuk mengetahui bakat musik yang kita miliki adalah sebagai berikut. 


1. Belajar Mengetahui Nada Fals Atau Tidak


Hal termudah untuk mengetes bakat musik kita adalah dengan mencoba mendengarkan sebuah lagu yang dinyanyikan secara langsung dan sobat mencoba mendengarkannya dengan jeli. Sobat bisa meminta teman atau saudara untuk menyanyikan sebuah lagu, di sana sobat harus bisa memastikan apakah menurut sobat nada yang dinyaikan teman sobat itu fals atau tidak. 

Bisa juga sobat merekam sendiri suara sobat lalu mendengarkannya kembali apakah fals atau tidak. Sebab tak jarang bahkan ada orang yang menyanyi dengan pede-nya dan dia memang benar-benar tidak tahu kalau sebenarnya yang ia nyanyikan itu nadanya ada yang fals atau bisa jadi malah fals total. 

Orang yang punya ciri awal bakat musik yang baik pada umumnya dengan mudah akan bisa membedakan mana nada atau suara lagu yang fals atau yang benat tanpa cacat. 



2. Sering-Sering Mendengarkan Alat Musik


Hampir serupa dengan tahapan pertama tadi untuk mengetahui nada fals atau tidak, namun kali ini sobat akan dibawa sedikit "naik level" untuk mengetahui "nada" dalam artian sebenarnya alat musik pengiring. 

Tenang, sobat tak perlu bisa memainkan alat-alat musik dulu kok hanya utnuk melakukan tes bakat musik alami yang sobat miliki secara sederhana ini. Sobat bisa menyuruh teman atau kenalan yang bisa memainkan alat musik untuk bermain gitar, piano, atau apa pun alat musiknya. Paling mudah sih gitar, sebab kalau ketika senarnya tidak disetem dengan baik akan terasa sekali falsnya. 

Sobat harus tahu nadanya yang dimainkan fals atau tidak. Misal memainkan sebuah progresi chord. Ketika terdengat ada yang kurang enak alias fals bila sobat menyadari itu kemungkinan sobat memiliki bakat musik yang cukup bagus. Sementara jika sobat tidak bisa merasakan fals atau tidaknya nada yang dikeluarkan dari sebuah alat musik juga tak perlu berkecil hati. Tinggal latihan lebih keras lagi sampai mendapatkan "feel" nya. 

3. Menirukan Nada


Ketika seseorang mempunyai bakat musik alamiah yang baik, dia akan dengan mudah menirukan sebuah nada atau rangkaian nada yang dimainkan. Caranya, ketika sobat mendengarkan seseorang bernyanyi, sobat bisa dnegan mudah memenggal-menggal notasinya. 

Maksudnya begini... 

Terkadang kita kan suka bersenandung menyanyikan sebuah lagu ketika tidak tahu liriknya hanya akan bernyanyi asal nanana... nana..., dsb. Nah, bila nada yang "ngasal" tadi bisa sobat ucapkan dengan tepat dan disadari tak ada yang fals, artinya sobat sudah memiliki potensi menunjukkan bakat musik yang baik. Orang yang susah menyimpan suatu nada di memorinya biasanya kurang baik dan perlu berlatih lebih keras lagi dalam bermusik. 

4. Menghapal Bunyi


Cara lain yang paling sederhana yang bisa dites oleh siapa pun adalah menghapal sebuah bunyi-bunyian simpel. 

Apa itu? Bagaimana contohnya?

Misal ada suara kucing, suara motor. Pasti sobat tahu kan ketika mendengarkan ada bunyi motor lewat atau gampangnya masuk ke garasi rumah sobat. Seharusnya kalau sobat punya bakat musik yang baik sobat tanpa tahu itu motor siapa dengan mengintip atau melihatnya,  sudah hapal di luar kepala hanya dengan mengenali dari suaranya. 

Apakah itu motornya kakak, motornya ibu, ayah, pertanda mereka sudah pulang, dan lain sebagainya. Nah, ini adalah salah satu bukti mudah atau tidaknya memori kita menyimpan nada-nada dari hal yang paling sederhana. 

Meski kelihatannya terdengar mudah, tapi pada praktiknya tak jarang, masih banyak orang yang susah menghapalkan bunyi-bunyian sederhana semacam ini loh sob. 

5. Menebak Notasi Musik


Ini mungkin langkah yang kedengarannya paling susah dari yang lain untuk mengetahui seberapa berbakat kita di bidang musik, tapi biasanya orang yang punya bakat musik yang tinggi akan bisa dengan cepat dan lancar menirukan notasi musik yang dibunyikan. 

Nah, jika di poin ketiga masih berantakan atau nadanya sembarangan yang tak begitu terpola dan terdeskripsikan dengan baik dan detail, pada langkah kelima ini sobat akan praktek menirukan notasi musik. Jadi persiapkan diri sobat dnegan baik-baik dan pastikan sudah melewati step by step-nya. 

Misalnya begini...

Sebuah notasi musik berbunyi: do re mi fa so la si do. Ketika diacak-acak menjadi misalnya do si la sol fa mi re do la sol si do, sobat yang berbakat akan cepat mengingat dan menirukan notasi yang telah diacak-acak tersebut. 

Nah, itu dia empat cara mengetahui bakat musik kita. Gimana sudah mencobanya sob? Jadi hasilnya sobat berbakat atau tidak? Bagi sobat yang gagal melewati tantangan tes-tes sederhana dari penulis ini jangan berkecil hati. Dengan latihan yang lebih giat lagi dan disiplin bukan tidak mungkin bakat itu bisa sobat tumbuhkan.




Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengetahui Bakat Musik yang Kita Miliki"